10 PESEPAKBOLA YANG SETIA DENGAN KLUBNYA

Di era modern seperti sekarang ini, istilah loyalitas pada satu klub bukanlah hal yang penting karena banyak pemain akan memilih atau tergoda untuk pindah ke sebuah klub tertentu yang dapat menawarkan mereka gaji yang lebih tinggi. Para pemain ini umumnya tertarik untuk menguji peruntungan di liga luar negeri dimana mereka bisa mendapatkan lebih banyak uang, menjalani gaya hidup mewah dan berbaur dengan pemain terbaik dunia.

Untuk melakoni seluruh karir anda dengan satu klub, anda harus terlebih dahulu menunjukkan loyalitas dan komitmen yang tinggi. Para pemain yang bertahan pada satu klub ini umumnya akan dipuja oleh para fans dan mereka akan menjadi peran penting di setiap pertandingan. Dan inilah 10 pesepakbola yang setia dengan satu klub, diantaranya adalah :

1. Ryan Giggs (Manchester United – 963 penampilan)

Ryan Giggs menikmati karir yang mengesankan bersama Manchester United dan saat dirinya memutuskan untuk pensiun, ia menjadi legenda Setan Merah. Dia adalah pemain yang paling berjasa didalam sepakbola Inggris dinilai dari kemampuan alaminya dan etos kerja yang telah menuai banyak pujian serta loyalitasnya. Ia menandatangani kontrak profesional pertamanya pada tahun 1990 disaat umurnya masih 19 tahun.

Selama 23 tahun Giggs telah melakoni 963 laga dan membantu MU meraih 34 piala. Sebagai pemain ia juga melakoni peran seperti peran kunci, kapten, pencetak gol tunggal atau memotivasi rekan setimnya. Kini dirinya menjabat sebagai asisten pelatih MU sebagai bentuk kesetiaannya terhadap klub yang membesarkan namanya. Kemampuan, etos kerja dan loyalitas Giggs menjadikannya sebagai legenda sepakbola.

2. Paolo Maldini (AC Milan – 902 penampilan)

Paolo Maldini tidak hanya dikenal sebagai salah satu bek terbaik dalam sejarah sepakbol, namun dia juga merupakan salah satu pesepakbola yang paling setia. Dia telah membela AC Milan selama 24 tahun sehingga loyalitas serta kemampuan yang luar biasa menjadikannya teladan yang baik bagi rekan setimnya. Dia telah melakoni 902 penampilan untuk Rossoneri dan memimpin klubnya mengangkat 26 piala.

Banyak pihak yang sedih dan meneteskan air mata, khususnya fans AC Milan ketika melihat Paolo Maldini harus gantung sepatu pada tahun 2009, kontribusinya untuk AC Milan, Italia dan dunia sepakbola tidak akan pernah terlupakan dan sosoknya telah mempengaruhi seluruh pemain. Saat Maldini melakoni ajang derby Milan terakhirnya, Inter Milan memberikan penghormatan kepada dirinya.

3. Carles Puyol (Barcelona – 593 penampilan)

Carles Puyol adalah alasan besar mengapa Barcelona selalu mendominasi pertandingan selama beberapa tahun, ia selalu bermain defensive dengan sangat baik dan sisi kepemimpinannya membantu Catalan mengangkat 21 trophi. Dia telah berseragam Barcelona selama 15 tahun dan menjabat kapten selama 10 tahun. Ia telah mengembangkan reputasi sebagai salah satu bek terbaik di dunia. Puyol dianugerahi bakat yang baik serta jiwa kepemimpinan dan klub Barcelona sepertinya banyak berutang budi kepadanya.

4. Jamie Carragher (Liverpool – 737 penampilan)

Jamie Carragher adalah seorang anak lokal yang menikmati karir yang sangat panjang serta sukses bersama Liverpool, ia telah membukukan dirinya sebagai legenda klub setelah meniti karir selama 16 tahun. Dia telah melakoni 737 penampilan untuk Liverpool dan menjadi pemimpin di sektor pertahanan sehingga membantu klubnya meraih 2 Piala FA, 3 piala liga, Piala UEFA dan Liga Champion yang terkenal pada tahun 2005. Meskipun ia tidak pernah mengangkat trofi Liga Premier, namanya tetap diakui sebagai salah satu bek tengah terbaik di Inggris yang pernah mengisi rumput hijau.

5. Gary Neville (Manchester United – 602 penampilan)

Serupa dengan Paul Scholes, Gary Neville adalah bagian penting dari dominasi yang dilakukan Manchester Unite dan merupakan legenda klub. Mungkin dirinya tidak tampil sebanyak Scholes, tetapi dia merupakan kapten yang penting sejak Setan Merah ditinggal pergi Keane dan menjadi kapten tersukses di Liga Premier ketika mereka berhasil mengangkat trophi di akhir musim 2006-07.

Dia menikmati karir terkenal yang hampir membentang selama 20 tahun dengan memenangkan 8 gelar Liga Premier, 3 Piala FA dan 2 gelar Liga Champions. Anda tidak akan mendapatkan pemain yang lebih setia dari Neville dan dia sekarang menjadi cendikiawan populer yang kerap menyediakan analisis yang sangat baik.

6. Paul Scholes (Manchester United – 718 penampilan)

Paul Scholes adalah bagian integral dari dominasi Manchester United di akhir tahun 90-an dan seterusnya serta memainkan peran kunci dalam keberhasilan Setan Merah saat meraih gelar ganda di musim 1996-97 dan gelar treble yang terkenal pada tahun 1999. Scholes dikenal sebagai pemain yang menjunjung tinggi nilai kompetitif dan memiliki tembakan yang sangat akurat sehingga tak heran ia selalu mendapat kepercayaan untuk melakukan tendangan bebas kala Beckham hijrah ke Real Madrid.

Dia melakukan debut untuk Inggri di ajang Piala Liga pada tahun 1994, dimana dirinya mencetak sepasang gol dan ini akan menjadi suatu awal yang istimewa untuk kedepannya. Dia telah melakoni 718 laga dan mencetak 155 gol serta membantu Setan Merah meraih 11 gelar Liga Premier, 3 Piala FA, 2 Piala Liga, 2 Piala Eropa dan 2 Piala Dunia Antar Klub.

7. Lars Ricken (Borussia Dortmund – 301 penampilan)

Sang legenda Dortmund, Lars Ricken mungkin tidak membuat begitu banyak penampilan untuk klubnya namun sisi loyalitasnya akan selalu diingat oleh para fans Dortmund. Selama 15 tahun, Ricken membantu timnya meraih 3 gelar Bundesliga dan Piala Intercontinental serta gelar Liga Champions yang terkenal pada tahun 1997. Sebagai bentuk kecintaannya terhadap klub, Ricken sekarang menjadi Koordinator Pemuda di Dortmund.

8. Pat ‘Packie’ Bonner (Celtic – 641 penampilan)

Nama Pat Bonner akan selalu dikenang sebagai sosok kiper penyelamat bagi timnas Irlandia di Piala Dunia 1990, tak hanya itu saja sebab Bonner juga merupakan legenda klub Celtic. Ia bermain untuk Liga Skotlandia pada tahun 1978 dan tinggal bersama mereka sampai 1997. Ia pun melakoni 641 penampilan bagi Celtic dan berhasil mengukuhkan dirinya sebagai salah satu kiper terbaik di Irlandia dan Celtic serta membantu klubnya meraih banyak trophi, termasuk 4 gelar Liga Skotlandia.

9. Tony Adams (Arsenal – 669 penampilan)

Tony Adams secara luas dianggap sebagai salah satu pemain terkenal yang pernah mengisi skuad Arsenal. Ia menghabiskan waktu selama 19 tahun di Arsenal (14 tahun sebagai kapten) dan membuat 669 penampilan serta memenangkan 10 trophi. Ia bersama dengan rekan setimnya saat itu seperti Steve Bould, Lee Dixon dan Nigel Winterburn berhasil mendominasi Liga Premier selama beberapa waktu.

Secara mengesankan, ia membantu The Gunners untuk memenangkan gelar Liga dalam 3 dekade yang berbeda dan kemimpinannya serta permainan defensifnya memiliki peran besar dalam hal ini. Tony Adams merupakan bek terbaik Inggris, pemimpin yang tangguh serta pemain yang berhasil membantu klubnya untuk mengangkat banyak trophi, Adams adalah panutan yang sempurna bagi pemain generasi modern saat ini.

10. Lars Hogh (Odenese BK – 817 penampilan)

Jika Peter Schmeichel adalah kiper asal Denmark yang paling terkenal, maka Lars Hogh adalah kiper yang paling setia. Ia menghabiskan seluruh karirnya di klub Denmark, Odense BK dan membuat 817 penampilan selama 23 tahun menghuni klub. Hogh telah membantu klubnya meraih 3 kejuaraan sepakbola Denmark dan 3 trophi Piala Denmark dan membawa pulang penghargaan Danish Best Goalkeeper of the Year setelah tampil secara mengesankan didalam 5 pertandingan.

Ia memutuskan untuk pensiun pada umur 41 tahun di tahun 2000 dan menjadi Direktur Olahraga untuk Odense BK sebelum menjadi pelatih kiper Denmark pada tahun 2008. Hal ini dilakukannya sebagai bentuk kesetiannya terhadap klub yang membesarkan namanya.

Post navigation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *